Waspada Banjir, Inilah Tips Agar Listrik Rumah Anda Aman Saat Banjir

BUMICIMANGGISINDAH.COM, Hunian Murah Di Depok – Salah satu hal yang paling beresiko saat musim hujan dan banjir adalah korsleting listrik. Masyarakat perlu berhati-hati agar tak terjadi korsleting atau bahkan kebakaran yang diakibatkan komponen listrik tergenang atau terkena air hujan.

Inilah tips agar anda dapat mengamankan properti selama banjir, Pertama, matikan peralatan listrik dan elektronik yang tersedia di dalam rumah. PLN juga menyarankan untuk memperhatikan posisi- posisi stop kontak listrik, kabel rol atau kabel ekstension yang berada di bawah atau dekat dengan lantai.

Jika ada suatu daerah yang terkena banjir dan mengancam jaringan instalasi listrik maka PLN akan mematikan aliran listrik di daerah tersebut walaupun beberapa kawasan di samping daerah tersebut tidak ikut terkena banjir. Hal ini dilakukan demi keselamatan jiwa daerah yang terkena banjir dan daerah sekitar, selain itu juga agar instalasi listrik dapat digunakan kembali.

Biasanya kabel kabel yang berada di bawah atau lantai juga perlu diamankan, agar tidak terendam air banjir. Setelah itu, masyarakat diimbau untuk mematikan peralatan listrik dan elektronik yang berada dekat dengan lantai dan pindahkan ke posisi yang lebih aman. Bila stop kontak sudah mulai tergenang air, maka matikan aliran listrik untuk sementara waktu dengan cara mematikan atau “OFF” MCB yang berada di KWh Meter. Tentunya hal ini perlu segera dilakukan sebagai tindakan pengamanan pertama, sebelum terjadi korsleting listrik.

Sementara itu, jika pelanggan memahami pembagian beban pada instalasi istri di rumah, PLN menyarankan masyarakat agar bisa mematikan MCB yang ada di Box MCB untuk aliran listrik yang mengarah ke stop kontak yang akan dimatikan.

Kemudian perhatikan kondisi mesin air atau jet pump, jika mesin air sudah nyaris terendam air, pelanggan harus segera mencabut kabel listrik dari stop kontak agar mesin tidak menyala. Jika ada sesuatu yang dianggap membahayakan segera menghubungi Call Center 123 tau bila kondisi sudah tidak aman, langkah terakhir yang harus dilakukan yaitu mengungsi ke daerah aman sedini mungkin.

Jika air sudah surut jangan terburu-buru untuk kembali ke daerah Anda, hubungi PLN kembali dan PLN akan mengecek kembali apakah sudah aman ditempati kembali dan dialiri listrik. Pelanggan juga diharapkan untuk memastikan semua instalasi yang terendam air dalam keadaan kering.

Untuk diketahui instalasi listrik di dalam rumah adalah tanggung jawab pemilik rumah, sedangkan PLN hanya berwenang mengatur sampai ke KWh meter pelanggan. Setelah semua sudah dipastikan kering dan aman maka PLN akan menghidupkan kembali aliran listrik yang sempat diputus dengan syarat penanda tanganan berita acara oleh Ketua RT/RW atau tokoh setempat.

Untuk Anda yang tinggal di lingkungan berpotensi banjir penting untuk selalu bersiaga dan mengingat hal-hal diatas. Dan untuk kalian yang masih memilih atau mencari hunian, usahakan pilihlah kawasan rumah Anda yang terbebas banjir, perumahan Bumi Cimanggis Indah merupakan salah satu kawasan hunian yang terbebas dari bahaya Banjir. Selain bebas Banjir, seluruh hunian juga memiliki fasilitas-fasilitas yang membuat Anda dan keluarga nyaman dalam menghuni rumah di Bumi Cimanggis Indah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.